Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server VOIP Adalah…

Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server VOIP Adalah…

Hai pembaca setia Mediantekno, kamu pasti pernah menggunakan telepon secara remote. Jika iya, pasti kamu tidak asing dengan aplikasi panggilan suara via VOIP (Voice over Internet Protocol). Kemudahan akses ini tentu sangat disukai di era digital seperti sekarang dan mudah aplikasinya. Kali ini akan membahas mengenai aplikasi yang digunakan untuk membuat server VOIP untuk kamu yang ingin mengintegrasikan panggilan suara dalam sistem bisnismu menggunakan internet. Simak baik-baik yuk!

Aplikasi yang Dapat Digunakan untuk Membuat Server VoIP

Voice over Internet Protocol atau VoIP adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan menggunakan internet. Terlepas dari beberapa aplikasi telepon seperti Skype, dan WhatsApp yang telah memiliki fitur VoIP, banyak organisasi atau bisnis memilih untuk membuat server VoIP mereka sendiri untuk tujuan keamanan dan privasi. Agar dapat membuat server VoIP, Anda akan membutuhkan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat server VoIP:

Asterisk

Asterisk adalah aplikasi open source yang dapat digunakan untuk membuat server VoIP yang mendukung layanan telepon dan aplikasi VoIP lainnya. Asterisk mendukung berbagai jenis protokol VoIP seperti SIP, H.323, dan MGCP. Asterisk dapat dijalankan pada sistem operasi Linux dan merupakan salah satu solusi perangkat lunak sumber terbuka yang paling populer untuk membuat server VoIP. Asterisk memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan telepon di antara pusat telepon, melacak catatan panggilan, dan menyediakan antarmuka API yang memungkinkan untuk menambahkan fitur dan layanan lainnya.

Dalam pengoperasiannya, Asterisk menggunakan sistem plug-in yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan lingkungan VoIP mereka dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Asterisk juga memungkinkan integrasi dengan aplikasi lain seperti CRM (Customer Relationship Management), dan ERP (Enterprise Resource Planning) melalui antarmuka API yang tersedia. Perlengkapan VoIP ini dapat memberikan fleksibilitas untuk meningkatkan fungsionalitas dan hubungan pelanggan.

READ  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo

FreePBX

FreePBX, juga dikenal sebagai “Free Private Branch Exchange,” adalah aplikasi open source yang digunakan untuk membuat server VoIP dengan antarmuka web. FreePBX dapat digunakan dengan Asterisk, dan meskipun aplikasi ini didasarkan pada Asterisk, FreePBX dirancang untuk mengurangi kerumitan dalam konfigurasi pengaturan jaringan, sehingga menyederhanakan penggunaan dan dapat dioperasikan oleh staf TI yang kurang terampil.

FreePBX menyediakan antarmuka web yang memudahkan pengguna dalam manajemen telepon mereka. Beberapa fitur yang disediakan oleh FreePBX termasuk perutean dengan ekstensi, khususnya untuk penggunaan di lingkungan bisnis, kemampuan untuk merekam panggilan, perutean panggilan, musik tunggu, obrolan suara, dan banyak lagi.

FreePBX menawarkan berbagai modul yang dapat diinstal, dan fitur-fitur ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Antarmukanya yang intuitif dan mudah digunakan membuatnya menjadi aplikasi favorit di kalangan pengguna Linux, terutama untuk keperluan bisnis kecil dan menengah.

Kamailio

Kamailio adalah aplikasi open source lain yang banyak digunakan untuk membuat dan mengelola server VoIP. Meskipun Kamailio lebih fokus pada fungsionalitas server VoIP, Kamailio juga menyediakan beberapa fitur VoIP seperti perutean panggilan dan multicast. Kamailio bekerja pada sistem operasi Linux dan menyediakan antarmuka API yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan modul dan layanan lainnya.

Jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi dengan kemampuan sebagai load-balancer atau untuk skala besar, maka Kamailio merupakan aplikasi open source yang tepat.

OpenSIPS

OpenSIPS (Open SIP Server) adalah aplikasi open source yang dapat digunakan untuk membuat server VoIP. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur VoIP seperti perutean panggilan, transkoding, dan pelacakan panggilan. OpenSIPS juga mendukung berbagai jenis protokol VoIP, termasuk SIP, STUN, dan RTP.

OpenSIPS memiliki fungsionalitas yang sama dengan Kamailio tetapi konfigurasinya lebih mudah dan lebih banyak opsi untuk membangun model bisnis yang berbeda.

READ  Cara Aplikasi Asam Humat untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Conclusion

Demikianlah beberapa aplikasi open source yang dapat digunakan untuk membuat server VoIP. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih aplikasi server VoIP meliputi kemampuan untuk memfasilitasi fungsi bisnis, ketersediaan fitur, keamanan dan privasi, dan tingkat dukungan.

Harapannya, artikel ini dapat membantu Anda untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlepas dari aplikasi mana yang Anda gunakan, pastikan untuk selalu mengevaluasi dan memperbarui aplikasi secara teratur agar selalu mendapatkan manfaat terbaik dari server VoIP Anda.

Aplikasi Exclusive untuk Membuat Server VoIP

Cisco Unified Communications Manager

Cisco Unified Communications Manager atau CUCM adalah salah satu aplikasi exclusive untuk membuat server VoIP. Dikembangkan oleh Cisco, aplikasi ini banyak digunakan dalam skala besar, terutama di bidang bisnis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola panggilan, pesan suara, konferensi, dan berbagai layanan lainnya dengan mudah dan efisien. Selain itu, fitur-fitur lain seperti integrasi dengan aplikasi lain juga tersedia pada CUCM.

Dengan menggunakan CUCM, pengguna dapat melakukan panggilan suara, panggilan video, dan bahkan layanan data. Aplikasi ini juga mampu mengatasi situasi khusus seperti bencana alam atau kejadian darurat lainnya dengan fitur E911. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dengan jaringan telepon seluler atau PSTN melalui teknologi gateway.

Avaya Aura

Avaya Aura, seperti CUCM, adalah aplikasi exclusive yang digunakan untuk membuat server VoIP. Dikembangkan oleh Avaya, aplikasi ini menawarkan fitur yang setara dengan CUCM seperti panggilan konferensi dan panggilan video. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan dengan aplikasi lain seperti Microsoft Outlook dan pesan instan.

Avaya Aura juga dibangun di atas arsitektur modular yang memungkinkan pengguna untuk memilih dan memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Aplikasi ini juga didukung oleh tim dukungan teknis yang tersedia selama 24 jam sehari.

READ  Cara Menggunakan Aplikasi Tempo: Panduan Lengkap

Aplikasi Open-Source untuk Membuat Server VoIP

Asterisk

Asterisk adalah aplikasi open-source untuk membuat server VoIP. Dikembangkan oleh Digium, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap seperti panggilan video, konferensi, mailbox dan lainnya. Asterisk juga mendukung berbagai format file dan codec seperti G.711, G.729 atau H.263. Aplikasi ini juga memiliki antarmuka pengguna web yang mudah digunakan untuk mengelola konfigurasi aplikasi.

Asterisk juga merupakan aplikasi open-source yang aktif diperbarui dan dikembangkan oleh komunitas pengguna yang luas. Oleh karena itu, Asterisk juga memiliki dokumentasi dan tutorial yang kaya dan mudah ditemukan di internet.

Kamailio

Kamailio adalah aplikasi open-source lainnya untuk membuat server VoIP. Aplikasi ini dikembangkan oleh komunitas pengguna yang aktif dan menawarkan fitur-fitur seperti load balancing, clustering, dan fitur keamanan. Kamailio juga bisa berintegrasi dengan aplikasi lain seperti MySQL dan PostgreSQL dan memiliki dokumentasi yang kaya.

Aplikasi ini juga digunakan oleh banyak operator VoIP untuk mengelola panggilan dan pesan suara. Kamailio memungkinkan pengguna untuk mengatasi masalah skala besar dan memberikan performa yang stabil dan cepat. Oleh karena itu, aplikasi ini cocok digunakan untuk lingkungan bisnis yang besar dan kompleks.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *